Rukun Islam


1. Mengucapkan dua Kalimah Syahadat
2. Mendirikan Sahalat
3. Mengeluarkan Zakat
4. Puasa dalam bulan Ramadhan
5. Haji, bagi mereka yang mampu

1. Mengucapkan dua kalimah Syahadat
Hal ini berarti mengakui bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW adalah Rasul-Nya. mengucapkan dua kalimah Syahadat juga harus disertai dengan melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-larangan Allah SWT.
Tindakan yang wajib/fardhu adalah perbuatan yang di haruskan, yang apabila di tinggalkan mendapat siksaan, sedang apabila di laksanakan mendapat pahala.
Ada dua macam fardhu, yaitu fardhu 'ain dan fardhu kifayah. Fardhu 'ain adalah wajib bagi tiap-tiap muslim. contoh, shalat itu wajib bagi tiap-tiap muslim. sedangkan fardhu kifayah adalah apabila telah dilakukan oleh seseorang, maka masyarakat islam yang lainnya bebas dari kewajiban itu. contoh, Shalat jenazah.
Tindakan yang haram ialah tindakan yang dilarang oleh Allah SWT yang apabila ditinggalkan mendapat pahala, sedang apabila dilaksanakan akan mendapat siksaan.

2. Shalat
shalat menurut Al-Qur'an adalah alat sesungguhnya untuk mensucikan hati manusia agar dapat berhubungan dengan Allah SWT.
Seperti yang telah ada dalam Firman Allah SWT di Surat Al Ankabut ayat 45 yang artinya :
"Bacakanlah apa yang telah diwahyukan kepadamu dari Al Kitab dan dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat itu mencegah manusia dari perbuatan yang keji dan munkar. dan sesungguhnya ingat kepada Allah adalah lebih besar (manfaatnya). dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan"
Shalat adalah perbuatan rohaniyah dan juga jasmaniyah manusia. sebagaimana badan manusia memerlukan makanan,, maka jiwa manusia memerlukan makanan pula. Lima kali dalam sehari semalam seorang Muslim wajib mengerjakan shalat.

3. Puasa
Puasa di wajibkan oleh Allah SWT seperti dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya :
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa"
puasa adalah alat untuk mensucikan jiwa manusia, agar dapat menghindarkan diri dari perbuatan jahat. Puasa tidak hanya menjauhkan diri dari makanan dan minuman, tetapi juga menjauhkan diri dari segala macam perbuatan yang haram.
Selanjutnya puasa selain untuk melatih diri menghadapi lapar dan dahaga, mengekang hawa nafsu, juga untuk dapat merasakan bagaimana sedihnya orang yang miskin yang sedang merasakan lapar dan dahaga, hingga dapat menimbulkan rasa belas kasihan pada si miskin. selain itu puasa baik pula bagi kesehatan manusia.
Puasa dilakukan dalam bulan Ramadhan yang lamanya 29 hari atau 30 hari.

4. Zakat
Kasih sayang pada sesama manusia, dianjurkan pula oleh agama-agama yang lain, tetapi Islam mewajibkan pada penganut-penganutnya untuk memberikan zakat pada golongan-golongan tertentu. Seperti dalam Surat At Taubah ayat 60 yang artinya :
"Sesungguhnya zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakar, para muallaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang untuk jalan Allah dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan oleh Allah dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana"
8 golongan yang menerima zakat :
1. Fakir
2. Miskin
3. Pengurus zakat
4. Muallaf
5. Memerdekakan budak
6. Orang yang berhutang untuk keperluan agama
7. Orang yang sedang dalam perjalanan yang bukan maksiat, yang memerlukan pertolongan
8. Fii sabilillah yaitu untuk keperluan keagamaan dan kepentingan umat islam seperti membangun gedung pendidikan, rumah sakit dll

5. Haji
Haji diwajibkan kepada yang mampu sesuai firman Allah dalam Al-Qur'an Surat Ali Imran ayat 97 yang artinya :
"......mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan kepadanya......."
syarat-syarat orang yang wajib beribadah Haji :
1. Dia dalam keadaan sehat
2. Perjalanannya aman
3. Ada kesanggupan untuk membiayai perjalanan dan memberi nafkah kepada keluarga yang menjadi tanggungannya selama pergi haji.


Rukun Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muzzy musthofa

2 komentar:

Silahkan Sobat semua komentar disini. Segala kritik dan saran dari Sobat semua akan sangat berguna bagi kemajuan blog ini.