Adab Bergaul Dengan Orang Yang Lebih Tua


Bagi orang yang lebih muda, menghormati orang yang lebih tua merupakan suatu kewajiban, karena pada dasarnya orang yang lebih tua telah berjasa mewariskan sesuatu yang lebih bermanfaat bagi perkembangan generasi selanjutnya. Karena kemajuan suatu generasi adalah berkat apa yang pernah dicapai oleh generasi sebelumnya.

Didalam agama Islam, menghormati orang yang lebih tua usianya merupakan kewajiban yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Artinya Allah memberikan pahala yang besar kepada orang muda yang berlaku hormat kepada orang yang lebih tua usianya.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya :
"Sebagian dari tanda memuliakan Allah, yaitu menghormati orang muslim yang telah putih rambutnya" (HR. Abu Dawud)
Hadis diatas menyatakan, bahwa seorang muslim harus menghormati orang muslim yang lebih tua usianya. Jadi yang dimaksud dengan putih rambutnya diatas adalah mereka yang lebih tua usianya.

Orang-orang yang lebih tua dari kita yang paling dekat dan yang paling berhak diutamakan untuk dihormati adalah kedua orang tua kita. Kepada kedua orang tua kita, Allah tidak hanya memerintah kita untuk berbuat baik, tetapi juga memerintahkan kita untuk menghormati dan berbakti kepada mereka. Hal tersebut berdasarkan firman Allah SWT di Surat Al Isra' ayat 23-24 yang artinya sebagai berikut :
"Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah satu diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharanmu, maka janganlah sekali-kalikamu mengatakan kepada keduanya dengan perkataan "Ah" dan janganlah kamu membentak. dan ucapkanlah kepada mereka perkataan-perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah "Wahai Tuahnku, kasihilah mereke keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil"

Selain kedua orang tua kita, kita juga wajib hormat dan berbuat baik, merendah diri, berkata jujur dan mulai serta tidak menyakiti hati kepada saudara-saudara dan teman-teman Bapak dan Ibu. Seperti dalam hadist Nabi SAW yang artinya :
"Bibi (Saudara perempuan ibu atau bapak) itu sama dengan kedudukan ibu" (HR. Tirmidzi)
"Dari Ibnu Umar RA, ia berkata, Nabi SAW bersabda "Sebaik-baik berbakti seseorang ialah menghubungi teman-teman ayahnya"


Adab Bergaul Dengan Orang Yang Lebih Tua Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muzzy musthofa

6 komentar:

  1. yang lebih tua harus sllu di hormati...
    siapapun itu..

    BalasHapus
  2. seseorang yang lebih tua itu, harus kita hormati, bagaimanapun dia lebih dewasa dari kita, terimakasih atas informasinya:)

    BalasHapus
  3. bergaul memang harus dengan adab , baik dengan yang lebih tua ataupun dengan yang lebih muda .

    BalasHapus
  4. Orang tua memang paling berhak diutamakan untuk dihormati .

    BalasHapus
  5. menghormati yang lebih tua memang wajib hukumnya ,

    BalasHapus
  6. bagus nih artikel :) karena akhir2 ini sering dikalangan muda mudi yang tidak mengetahui tentang adab

    sesuksore.blogspot.com

    BalasHapus

Silahkan Sobat semua komentar disini. Segala kritik dan saran dari Sobat semua akan sangat berguna bagi kemajuan blog ini.