Adab Bergaul Dengan Orang Yang Beda Agama


1. Umat Islam hendaknya tetap berpegang teguh kepada aqidah dan keyakinannya. Jangan terpengaruh atau dipengaruhi oleh orang lain. Allah SWT telah memberikan pedoman dalam hal tersebut dalam Surat Al-Kafirun.

2. Toleransi antar umat beragama itu diperbolehkan dalam Islam. Rasulullah SAW seringkali mengadakan kunjungan silaturrahmi kepada ahli-ahli Kitab (Yahudi dan Nasrani), menjenguk orang-orang sakit, melayat orang yang beragama lain yang meninggal bahkan turut mengantarkan orang-orang yang beragama lain sampai ke liang lahat. Akan tetapi, kalau sudah sampai kepada hal-hal yang bersifat ibadah ritual, seperti mendoakan orang mati yang menganut agama lain, maka hal itu bertentangan dengan aqidah Islam. Firman Allah SWT di Surat At-Taubah ayat 113 :


Artinya :
"Tidaklah sepatutnya bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memintakan (mendoakan) ampun kepada Allah bagi orang-orang musyrik itu adalah kaum kerabat, sesudah jelas bagi mereka bahwa orang-orang musyrik itu adalah pengisi neraka jahannam"

3. Bahwa orang mukmin dilarang mengangkat orang-orang kafir sebagai pemimpin, sedangkan masih ada orang Islam yang layak jadi pemimpin. Firman Allah SWT dalam surat Ali Imran ayat 28 :

Artinya :
"Janganlah orang-orang mukmin mengambil orang-orang kafir menjadi wali dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Barangsiapa berbuat demikian, niscaya lepaslah ia dari pertolongan Allah, kecuali karena (siasat) memelihara dari sesuatu yang diikuti dari mereka. Dan Allah memperingatkan kamu terhadap diri (siksan)-Nya. Dan hanya kepada Allah kembali"



Adab Bergaul Dengan Orang Yang Beda Agama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muzzy musthofa

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Sobat semua komentar disini. Segala kritik dan saran dari Sobat semua akan sangat berguna bagi kemajuan blog ini.